.

PECEL (Makanan khas Indonesia)

0
Siapa yang tidak kenal makanan yang bernama pecel ini, khususnya orang yang tinggal di pulau jawa timur dan jawa tengah. Makanan yang biasanya di pasarkan atau di hidangkan disaat pagi hari.

Sego/nasi pecel ini makanan khas dari daerah mana, ada yang tau?
Saya pernah dengar cerita bahwa ansi pecel itu asli dari magetan, namun ternyata madiun sendiri ternyata sudah punya label yang sudah terkenal yaitu nasi pecel madiun

Berkas:Pecel Hariadhi.JPG

Pecel merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia, khususnya seni kuliner Jawa yang berbahan dasar sayur-sayuran rebus yang dihidangkan dengan bumbu kacang. Hidangan pecel dapat dikategorikan sebagai hidangan salad tradisional Jawa dengan bumbu kacang. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan.

Variasi pecel menurut daerah

Malang

Pecel Malang menggunakan saus khas Jawa Timur memiliki cita rasa kuat dan pedas dengan tekstur bumbu kacang yang kasar. Biasanya nasi pecel Malang disajikan dengan nasi putih hangat ditambah dengam lauk tempe atau tahu serta rempeyek kacang dengan irisan daun jeruk.

Blitar

Sedikit berbeda dengan pecel khas Malang, tekstur bumbu kacang pecel Blitar lebih halus, sedikit lebih berminyak, dan bercita rasa manis dan gurih. sebagai penyedap, pecel blitar menggunakan daun jeruk dan buah asem. Salah satu yang terkenal adalah sambel pecel di kelurahan Karangsari, Kota Blitar. Dan masih banyal variasi yang lain saat ini.


Seperti itu lah sedikit tentang makanan khas yang indonesia ini.




Referensi :
  • http://id.wikipedia.org
  • http://www.bianbiun.com

0 komentar:

Posting Komentar