.

Coto Khas Makasar

0
Pernah ke Pulau Sulawesi Selatan, tepatnya di Makassar? Atau anda sudah pernah mencicipi kuliner khas dari Makassar. Adalah Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Kota Makassar sendiri adalah kota terbesar dikawasan Indonesia Timur dan sekaligus ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini terletak di pesisir barat daya pulau sulawesi yang berhadapan dengan selat makassar.
Coto Makassar
Coto Makassar
Kota yang dihuni dengan berbagai macam suku diantaranya suku Bugis, Toraja, Buton, Jawa dan Tionghoa ini berbatasan dengan selat makassar disebelah barat, kabupaten Maros di sebelah timur, serta Kabupaten Gowa sebelah selatan dan Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utaranya.
Kota ini memiliki banyak makanan tradisional, diantaranya Roti Maros, Jalangkote, Kue Tori, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara, Sop Konro dan salah satunya adalah Coto Makassar. Coto Makassar sendiri berbeda dengan soto-soto yang pernah ada, dari namanya saja sudah sangat berbeda ya, karena makanan ini punya keunikan tersendiri. Bahan yang dipakai pun tidak terbuat dari daging ayam atau sapi murni.
Coto Makassar terbuat dari jeroan sapi, karena proses perebusan jeroan daging sapi inipun  membutuhkan waktu yang lama supaya  empuk. Bumbu yang digunakanpun berbeda dengan bumbum soto biasa, daging bahan Coto Makassar direbus bersama dengan rempah-rempah seperti serai, daun salam, lengkuas, jahe yang kemudian di beri tumbukan kacang tanah yang telah digoreng. Air yang digunakanpun menggunakan air bekas cucian beras. Jadi warna kental dan putih yang dihasilkan dari makanan ini bukan terbuat dari santan kelapa.
Coto Makassar ini dihidangkan sudah teriris dalam potongan kecil dan biasanya dinikmati dengan ketupat. Biasanya penikmat coto Makassar ini menambahkan bumbu-bumbunya sendiri kedalam mangkuk.
Jika anda belum pernah ke Makassar, anda tidak perlu khawatir dimana akan mendapatkan sajian lezat ini, karena sekarang coto Makassar sudah dijual di setiap daerah, baik di warung pinggir jalan ataupun di restoran-restoran.
Jadi, jika anda belum pernah merasakan masakan ini, silahkan anda mencari warung Coto Makassar terdekat untuk mencicipinya. Rasanya yang khas, pasti membuat anda ketagihan. Saya sendiri mencicipi masakan Tradisional kota Makassar ini saat mendarat di bandara Sepinggan, Balikpapan.untuk rasanya, jangan ditanya, nikmat dan lezat.


refrensi:http://pesonanegeriku.com/

0 komentar:

Posting Komentar