.

Soto Lamongan – Wisata Kuliner Soto Khas Dengan Bumbu Poya

0



Soto Lamongan sudah sangat terkenal di luar daerah Jawa Timur. Bahkan penulis mendapat cerita dari teman asal Sulawesi kalo di daerah Kendari ada penjual soto lamongan yang sangat laris pembeli. Soto Lamongan berbeda denga soto yang lain. Masakan wisata kuliner ini menggunakan poya, yaitu taburan yang terbuat dari kerupuk udang, udang, dan bawang yang digoreng terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Kuah soto Lamongan pada mulanya termasuk kuah bening, namun pada perkembangannya ditambahkan ikan bandeng sehingga bumbu kuah sehingga kuah menjadi keruh.
Karena soto lamongan yang terkenal ada di mana-mana, maka saat ini Resep Soto Lamongan pun semakin banyak. Oleh karena itu, mungkin Anda akan kesulitan jika ingin mencari mana Resep Soto Lamongan Asli. Lamongan memang terkenal akan sotonya yang gurih. Salah satu ciri khas dari soto lamongan adalah warnanya kuning berminyak ditambah aneka rempah di dalamnya. Selain itu, Soto Lamongan dikenal akan kuahnya yang kuning bening yang dibuat dengan menggunakan bumbu halus yang terdiri atas bawang putih, merica, ketumbar sangrai, kemiri sangrai dan kunyit. Dari sinalah tercipta kuah soto lamongan yang gurih dan khas. Gurih, segar dan sedikit masam, inilah komentar pertama ketika menikmati soto lamongan. Soto Lamongan biasanya dilengkapi dengan telur. Dipadukan dengan hijau seledri dan daun bawang. Kelezatan soto Lamongan ini akan membuat anda setuju dengan sebutan soto Lamongan adalah rajanya soto.
Sedangkan untuk Isiannya ada suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun, dan irisan telur telur ayam. Biasanya, biasanya, soto Lamongan juga ditambahkan ceker ayam, kulit ayam dan sayap ayam untuk menambah mantap Soto Lamongan. Dan tak lupa, yang menjadikan Soto Lamongan punya cita rasa yang khas adalah ditambahkannya serbuk kuning (koya) yang gurih yang dibuat dari kerupuk udang yang dihaluskan kemudian ditambahkan udang kering yang dibuburkan di atas kuah soto. Serbuk inilah yang jadi ciri khas soto Lamongan. Saat diaduk dengan kuah soto akan menjadi sedikit kental. Kuah soto Lamongan dibuat dari kaldu ayam asli. Supaya lebih nikmat, ada juga yang menambahkan udang pada kuahnya. Cara penyajiannya, nasi disajikan menyatu dengan soto dalam satu mangkuk. Soto Lamongan yang siap disajikan ditambahan bawang goreng, jeruk nipis dan sambal. Akan semkin lengkap dengan diiringi kerupuk udang yang renyah gurih.


                            Jika anda sedang wisata kuliner ke daerah Lamongan, anda bisa menjumpai tiap sudut kota yang menjual Soto Lamongan ini. Penulis belum mendapat rekomendasi tempat terbaik untuk mencoba kuliner ini, dikarenakan hampir tiap tempat yang menjual Soto Lamongan mempunyai rasa yang lezat. Silahkan anda pilih sendiri mana tempat nyaman buat menikmati Soto Lamongan. Jika anda menjumpai ada warung atau depot yang menjual soto lamongan ramai pengunjung, berarti tempat itu cocok untuk anda coba, mungkin karene rasanya yang benar-benar cocok dilidah orang banyak atau mungkin karena harganya yang murah. Rata-rata Soto Lamongan dijual dengan harga berkisar antara Rp.5.000 sampai Rp.15.000,-


refrensi:http://www.wisatapanorama.com

0 komentar:

Posting Komentar